Waktunya Bayi Tumbuh Gigi

gigi-bayi-baru-tumbuh

Waktunya bayi tumbuh gigi biasanya pada usia 6 bulan ke atas. Gigi yang baru tumbuh menempati bagian depan gusi dan mulutnya yang berbentuk gigi susu. Pada saat bayi tumbuh gigi banyak gejala-gejala baru pada bayi anda. gejala-gejala tersebut jangan sampai dikhawatirkan asalkan anda tahu cara mengatasinya.

Gejala bayi tumbuh gigi tersebut merupakan masa pertumbuhan biologis yang sangat normal terutama pada bayi yang memperoleh pasokan gizi dan kalsium yang cukup. Setiap bayi yang satu dengan bayi lainnya memiliki gejala bayi tumbuh gigi yang berbeda-beda. Ada bayi yang menjalaninya secara biasa-biasa saja tanpa ada perubahan yang signifikan, namun ada juga bayi yang menunjukkan gejala bayi tumbuh gigi yang membutuhkan perhatian penuh.

Hal ini harus dipahami oleh orang tua, terutama sang ibu agar tidak salah kaprah dalam menangani gejala bayi tumbuh gigi. Sebagai orang tua harus cerdas dalam mengatasi bayi yang sedang tumbuh gigi. Beberapa gejala bayi tumbuh gigi adalah:

Pertama, demam yang tinggi. Cara mengatasinya adalah dengan cara membawa ke bidan atau dokter anak agar demamnya tidak berlanjut. Sebenarnya jika kita sudah berpengalaman memiliki dan merawat bayi, maka cukup diberi dengan makanan padat dan ASI yang cukup, karena demam bayi anda biasanya hanya sebentar.

Kedua, rewel dan sering menangis karena pada saat bayi tumbuh gigi, dia akan merasakan gatal dan nafsu makannya berkurang. Keadaan ini bisa diatasi dengan diberi mainan khusus yang aman dan tidak beracun agar bayi anda bisa menggigitnya demi mengurangi rasa gatal pada giginya.

Ketiga, berikan bayi anda makanan semi padat seperti biskuit agar rasa gatal pada giginya hilang serta bayi anda tetap mendapat pasokan gizi yang memadai.

Ketiga cara mengatasi bayi yang sedang tumbuh gigi tersebut dilakukan berbarengan
dengan pemberian susu formula yang banyak mengandung kalsium.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by anak.info