Cerita Untuk Anak

Dari dulu sampai saat ini anak-anak masih menyukai dongeng ataupun cerita. Biasanya dongeng atau cerita untuk anak ini diperkenalkan sejak dari kecil oleh kebanyakan orang tua kepada anak-anaknya. Seringnya cerita untuk anak-anak menceritakan tentang cerita-cerita sejarah atau cerita legenda yang biasa sering disebut cerita rakyat yang ada di Indonesia.

Seperti cerita legenda atau cerita rakyat Maling Kundang, Tangkuban Perahu, Bawang Merah dan Bawang Putih, dan masih banyak lagi cerita legenda lainnya. Cerita legenda atau cerita rakyat merupakan cerita di jaman dahulu kala yang hidup di kalangan rakyat dibagi atau wariskan dengan lisan kepada para penerusnya dan sampailah ke masa kita sekarang ini.

Di jaman sekarang ini, cerita untuk anak sudah jarang sekali diberikan oleh orang tua. Namun untuk tetap melestarikan cerita legenda ini, sudah banyak kita temui terbitan buku-buku cerita legenda yang dibuat dengan format yang lebih menarik. Penggunaan gambar sebagai ilustrasi beserta warna-warna yang cantik yang membuat buku cerita ini diminati oleh anak-anak maupun orang tua.

Dengan begitu cerita untuk anak tetap ada, dan biasanya masih sering digunakan saat pendidikan anak di bangku Taman Kanak-Kanak. Atau juga cerita untuk anak tersebut dapat dipakai sebagai pengantar tidur. Cerita sebelum tidur saat ini juga masih suka dilakukan oleh orang tua kepada anak balitanya.

Anak balita masih sangat suka melihat gambar-gambar dan warna cantik, selain itu juga suka sekali berbicara karena keinginan mengetahui masih sangat tinggi. Dengan adanya cerita sebelum tidur tersebut dapat membantu anak-anak mengenali bahasa-bahasa indah dan baik, dan itu mengajarkan mereka untuk mencintai membaca nantinya. Cerita untuk anak ini selain berisi hikayat suatu tempat atau lokasi, ada juga terdapat jenis cerita yang isinya mengenai cerita tentang hewan-hewan.

Cerita untuk anak tersebut biasa disebut cerita fabel. Fabel merupakan kata yang diambil dari bahasa Belanda, yang mempunyai arti bahwa fabel adalah suatu cerita yang tokoh utama didalam cerita tersebut menggunakan sosok hewan.

Contohnya saja seperti cerita Kancil yang cerdik, cerita tersebut menjadi masuk kriteria jenis cerita fabel. Dengan jenis cerita fabel ini dapat membantu para orang tua untuk mengenali kepada anak-anaknya mengenai sosok hewan. Sehingga selain untuk hiburan mereka, cerita tersebut dapat menambah wawasan anak-anak.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Powered by anak.info